Back to Home Page

Masa Orientasi (2), Disiplin Tinggi Untuk Meraih Prestasi

Hari Kedua

Senin (11/7) adalah hari yang baru. Baru bagi kelas 10, dan juga baru bagi kelas 11 – 12 yang pertama kali memasuki sekolah di tahun ajaran 2011 – 2012. Dan semua peserta didik berkumpul bersama kembali di lapangan utama SMA Santa Maria, setelah liburan panjang kenaikan kelas.

Mengikuti apel pagi yang meliputi penjelasan tentang denah ruangan, juga ada introduksi tenaga pendidik dan kependidikan, serta wali kelas dan karyawan sekolah yang disampaikan langsung oleh kepala sekolah. Tak lengkap juga, bila tidak diisi dengan berbagai informasi terbaru dan briefing di awal tahun ajaran, terutama tentang perubahan tata tertib siswa yang semakin diperbarui.

Persiapan latihan baris-berbaris

Setelah apel pagi selesai, kelas 11 – 12 memasuki kelas masing-masing untuk mendapat arahan dan pembagian struktur kelas yang dilakukan bersama wali kelas. Sedangkan kelas 10 kembali melanjutkan kegiatan Masa Orientasi Siswa, hari yang kedua.

Di hari kedua, peserta MOS akan menjalani berbagai tahapan. Yang pertama diawali dengan pengecekan atribut-atribut yang telah dipersiapkan dan diinformasikan sebelumnya, seperti topi, tas, air minum, name tag, dan sebagainya yang dilakukan oleh pendamping kelompok dan panitia MOS, serta dibantu Pasus (Pasukan Khusus) SMA Santa Maria.

Atribut dan perlengkapan MOS

Sesi berikutnya dibagi menjadi 2 gelombang, yang setiap gelombangnya terdiri dari 4 kelas. Dan di sesi ini, gelombang yang pertama akan menjalani latihan baris-berbaris oleh Pasus, sedangkan gelombang lainnya mengikuti acara sharing, berkenalan, dan juga games di ruang kelas masing-masing yang diisi oleh OSIS, MPK, dan dampok sendiri. Setelah 120 menit kemudian, terdapat waktu istirahat dan pergantian gelombang. Di mana gelombang yang latihan baris-berbaris akan memasuki acara sharing, dan sebaliknya.

Latihan pentas seni sebelum pulang

Hari kedua ini berlangsung hingga siang, dan dilakukan persiapan pentas seni untuk keesokan harinya. Dampok membimbing dan memberikan arahan kepada peserta MOS untuk menampilkan kreativitasnya per kelas pada keesokan harinya. Hari kedua berakhir tepat pukul 14.00 WIB. (StM)

Tags: , , , ,