Back to Home Page

Kelas 11 IPA Beraksi, Siapa yang Paling Maksi?

PAGELARAN atau pentas seni yang diselenggarakan kemarin (16/6) untuk kelas 11 IPA, telah berjalan dengan lancar dan bisa digolongkan sukses. Ketiga kelas tampil berturut-turut dari 11 IPA 3, 11 IPA 2, hingga yang terakhir 11 IPA 1. Acara dilaksanakan pada sekitar pukul 11.00 WIB setelah ujian remedial dan berbagai persiapan serta briefing singkat antar-managemen. Seperti apa ya liputan singkatnya? Ini dia!

Rangkaian pagelaran seni ini dimulai oleh kelas 11 IPA 3, yang menampilkan drama musikal persembahan artis-artis anggota kelas itu sendiri, dalam sebuah cerita menarik tentang kehidupan sekolah di dalam ruang kelas 11 IPA 3 itu sendiri. Kelas yang manajemennya diketuai oleh Irene Wisarta ini menggabungkan berbagai pengalaman mereka, baik suka maupun duka ke dalam drama dan lagu-lagu yang saling berkaitan. Alhasil, tampilan perdana ini mengundang berbagai antusiasme penonton dari keluarga besar SMA Santa Maria.

Setelah aksi dari 11 IPA 3, panggung diisi kembali oleh kelas 11 IPA 2 yang menghadirkan pertunjukan musik. Ada band, penyanyi solo, trio, paduan suara, hingga ditutupi oleh sebuah perkusi. Kelas yang tampil di tengah-tengah ini, menampilkan lagu-lagu yang beragam dengan berbagai nama artis yang lucu. Ada “Cinta Bu Dewi Band” yang ditujukan ke ibu walikelas mereka, Dewi Magdalena, hingga “Trio Hipotalamus”. Dan aksi mereka ditutup dengan sebuah perkusi yang indah dan menarik.

Sebagai penampil terakhir, 11 IPA 1 tidak mau kalah dibanding kelas-kelas tetangganya. Kelas yang manajemennya diketuai Novellin Chandra, menampilkan sebuah aksi teatrikal dalam bentuk drama musikal. Dengan slogan “Konsep padu, musik seru, dan akting lucu”, drama 11 IPA 1 mengisahkan tentang beratnya tugas-tugas sekolah di bulan-bulan terakhir ini, hingga diberikan tugas proyek yang berat dan banyak hambatan dalam menjalankannya. Dan di dalam aksi ini pula diselipkan lagu-lagu dan tarian kolosal yang ditampilkan oleh artis-artis 11 IPA 1.

Secara keseluruhan, acara tetap meriah dan menarik hingga selesai. Meskipun terik matahari menyengat, tidak menutup semangat dan kehebohan penonton maupun artis itu sendiri dalam menampilkan yang terbaik. Karena selain sebagai hiburan setelah ujian, acara ini juga berfungsi untuk penilaian ujian dari bidang studi Seni Musik, sekaligus bermakna sebagai perpisahan antar-kelas di akhir tahun ajaran 2010 – 2011.

Satu hal lagi, acara ini yang baru pertama kali diselenggarakan di akhir tahun ajaran ini, ternyata juga sangat didukung oleh pihak sekolah dalam menunjukkan bakat dan kreativitas peserta didiknya di bidang non-akademik. Hal ini berawal dari permintaan langsung kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Ferdinandus Nipa, untuk memindahkan lokasi pagelaran seni ini ke tengah-tengah lapangan utama, yang semula direncanakan hanya akan berlangsung di dalam panggung aula. Harapannya agar pentas ini lebih besar dan leluasa, serta lebih terbuka untuk penonton.

Dan demikianlah pagelaran seni hari pertama, yang setiap kelasnya telah menunjukkan aksi secara maksimal. Dan di hari Sabtu besok (18/6), peserta didik dari 11 IPS akan menampilkan segala karya dan kreativitas seni mereka. Seperti apa? Tunggu saja! Selamat dan sukses untuk semua. (StM)

Tags: , , , ,