Back to Home Page

Hari Bersejarah Kita, Hari Pendidikan Nasional!

PAGI hari ini (02/5) memang tidak seperti hari Senin biasanya. Ya, hari ini kembali digelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Upacara pada pagi hari ini berjalan cukup sederhana, singkat, namun tetap khidmat. Diikuti oleh kelas 10 dan 11 sebagai siswa yang tetap masuk sekolah seperti biasa, upacara ini juga diikuti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan juga majelis guru.

Memang upacara seperti ini sudah sering dijalani, namun apakah ada yang pernah menyadari betapa bersejarahnya Hari Pendidikan Nasional tersebut?

Seperti dalam upacara kali ini, oleh bapak Sarbon Manik sebagai pembina upacara, beliau menjelaskan bagaimana Ki Hajar Dewantara yang dulunya adalah wartawan, yang memperoleh akte guru dan kemudian mendirikan taman siswa untuk masyarakat yang ingin belajar. Apalagi pada masa kolonial Belanda dulu, yang sangat membatasi pendidikan kaum pribumi. Dengan gigihnya, semangat pendidikan terus diperjuangkan.

Namun bagaimana dengan kini? Banyak peserta didik yang seolah tidak lagi menghargai arti sebuah hari pendidikan, bahkan tidak sedikit yang tidak mengetahui hari apa yang diperingati setiap 2 Mei. Ada juga yang saat upacara tidak membawa topi, dan lainnya.

Dengan kilas ke belakang, mungkin kita tidak menyadari tentang pendidikan yang diperjuangkan masa dulu. Tanpa jasa-jasa pahlawan pendidikan, barangkali kita tidak bisa menikmati pendidikan yang bebas dan merdeka seperti ini.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Pendidikan Nasional, arti Hardiknas tidak dihargai sebatas upacara, namun kita bisa memaknai perjuangan pahlawan dulu dengan tetap semangat belajar. Sekali lagi, selamat Hari Pendidikan Nasional! (StM)

Tags: ,