Back to Home Page

Persiapkan Diri Hadapi UN, Perdekatkan Diri Kepada Tuhan

SEBAGAI penutup rangkaian doa Novena selama 9 hari berturut-turut yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 12, hari ini (11/4) diadakan misa penutupan Novena yang sekaligus misa dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN).

Misa ini berlangsung pada pagi hari tadi, sekitar pukul 07.30 WIB dan berlokasi di taman doa (pojok doa) SMA Santa Maria. Kegiatan ibadah ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 dan perwakilan kelas dari kelas 10 dan 11. Ada juga didampingi oleh kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Ferdinandus Nipa, dan juga tim pastoral sekolah beserta beberapa guru lainnya.

Pemimpin misa pra-UN ini adalah Pastor Anton Konseng, Pr M. Sc, yang juga sebagai sekretaris dari Yayasan Prayoga Riau dan ketua Yayasan Salus Invimorum (Rumah Sakit Santa Maria). Pastor yang telah menyelesaikan sarjana S2 di Filipina ini, juga sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Dan beliau jugalah yang telah membangun taman doa di SMA Santa Maria ini.

Ada beberapa hal yang disampaikan Romo dan bisa menjadi inti dari misa ini. Seperti doa dan semangat untuk siswa kelas 12 supaya bisa menjawab soal UN dengan baik. Dan disampaikan juga supaya bersikap jujur dan tidak mudah menghakimi orang lain seolah-olah tidak pernah berbuat salah. Romo juga mengingatkan bagaimana pacaran yang sehat dan tidak boleh melakukan hal-hal di luar kewajaran karena belum saatnya. Pacaran yang sehat adalah yang saling mendukung dalam belajar.

Misa berlangsung sekitar lebih dari 1 jam, yang diisi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi rahmat dan berkat dalam menghadapi Ujian Nasional pada pertengahan April mendatang. Disertai juga pemecahan roti dan anggur sebagai bagian dari tubuh dan darah Kristus. Dan penyanyian lagu-lagu rohani turut menambah hikmatnya misa ini. (StM)


Tags: , , ,

  • Kanisiuskeraf

    wah yang photo terakhir… terbakar……. abis ada setannya …..
    ahhh diammmmmmm