Back to Home Page

Pertukaran Pelajar? Siapa Takut …

Lain ladang lain belalang , lain lubuk lain ikannya

Pepatah di atas, cocok untuk kita yang menyukai kebudayaan yang beranekaragam. Tentu, jika ada kesempatan untuk berkunjung ke negara lain dan memperlajari tentang kebudayaannya, pasti tidak akan kita lewatkan.

Kebetulan nih, Bina Antarbudaya mengadakan program pertukaran pelajar. Bagi yang mempunyai keinginan untuk bersekolah di luar negeri dan ingin mendalami tentang kebudayaan. Tentu ini merupakan salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Nah, Bina Antarbudaya sendiri adalah lembaga nirlaba non-pemerintah yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia. Biasanya mereka mengirim pelajar-pelajar Indonesia ke beberapa negara untuk mempelajari tentang kebudayaan dari negara tersebut, di mana pelajar Indonesia sendiri sekaligus mewakili Indonesia menjadi Duta Kebudayaan di negara tersebut.

Tidak hanya itu, peserta yang mengikuti program pertukaran pelajar ini harus melalui serangkaian test yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya sebelum pada akhirnya bisa mewakili Indonesia untuk menjadi Duta di negara yang dipilih.

Tertarik untuk ikutan? Syaratnya sendiri tidak terlalu rumit, yang penting bersedia membuka diri untuk mencoba hal yang baru. Jadi, jangan minder dulu dengan nilai-nilai akademis yang kurang bagus. Nilai akademis belum 100% akurat untuk menentukan kualitas seseorang. Yang paling penting, berani mencoba dan jangan takut gagal. Siapa tahu, kamu terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang 2 tahunan ini.

Bagi yang berminat, dapat men-download (unduh) formulirnya di sini Formulir Pertukaran Pelajar. Penjelasan lebih lanjutnya dapat dibaca pada formulir tersebut dan pengumpulan paling lambat pada tanggal 30 Maret 2011 kepada Kepala Sekolah.

Buruan, jangan mau kalah sama yang lain! Dan nantikan juga update dan liputan lainnya ya! (Rii)

Tags: , ,

  • ester

    bole nanya? program yang tahun 2012 ada ga?

  • http://www.smasantamariapekanbaru.com Admin-Santa

    Program Pertukaran Pelajar ini bukan diadakan oleh SMA Santa Maria Pekanbaru. Jadi tidak bisa dipastikan penyelenggaraannya di tahun 2012.
    Untuk informasi terbaru, tetap pantau di social media sekolah.